Rahasia Mudah Membuat Garis Menawan di Word

Pelajari cara mudah menambahkan garis tepi atau garis pemisah pada dokumen Word Anda untuk memberi struktur dan keterbacaan yang lebih baik.
Rahasia Mudah Membuat Garis Menawan di Word

Apa itu Garis dalam Dokumen Word?

Garis atau border dalam dokumen Word adalah garis yang ditambahkan pada tepi suatu paragraf, sel, atau halaman. Garis dapat digunakan untuk memperjelas atau membedakan bagian-bagian tertentu dalam dokumen, seperti judul, subjudul, tabel, dan daftar.

Jenis-Jenis Garis dalam Dokumen Word

Microsoft Word menawarkan berbagai jenis garis yang dapat ditambahkan ke dokumen. Jenis-jenis garis tersebut meliputi: - Garis tunggal (single border) - Garis ganda (double border) - Garis putus-putus (dotted border) - Garis putus-putus ganda (double dotted border) - Garis tebal (thick border) - Garis tipis (thin border) - Garis miring (diagonal border) - Garis bergelombang (wavy border)

Cara Memberikan Garis pada Paragraf

1. Blok paragraf yang ingin diberi garis. 2. Klik tab "Home" pada pita atas. 3. Klik tombol "Borders" yang berada di grup "Paragraph". 4. Pilih jenis garis yang diinginkan dari daftar drop-down. 5. Klik tombol "OK".

Cara Memberikan Garis pada Sel Tabel

1. Blok sel tabel yang ingin diberi garis. 2. Klik tab "Table Tools" pada pita atas. 3. Klik tombol "Borders" yang berada di grup "Table". 4. Pilih jenis garis yang diinginkan dari daftar drop-down. 5. Klik tombol "OK".

Cara Memberikan Garis pada Halaman

1. Klik tab "Page Layout" pada pita atas. 2. Klik tombol "Page Borders" yang berada di grup "Page Background". 3. Pilih jenis garis yang diinginkan dari daftar drop-down. 4. Klik tombol "OK".

Cara Mengubah Warna Garis

1. Blok garis yang ingin diubah warnanya. 2. Klik tab "Home" pada pita atas. 3. Klik tombol "Borders" yang berada di grup "Paragraph". 4. Klik tombol "Border Color" yang berada di daftar drop-down. 5. Pilih warna garis yang diinginkan. 6. Klik tombol "OK".

Cara Mengubah Ketebalan Garis

1. Blok garis yang ingin diubah ketebalannya. 2. Klik tab "Home" pada pita atas. 3. Klik tombol "Borders" yang berada di grup "Paragraph". 4. Klik tombol "Border Width" yang berada di daftar drop-down. 5. Pilih ketebalan garis yang diinginkan. 6. Klik tombol "OK".

Cara Menghapus Garis

1. Blok garis yang ingin dihapus. 2. Klik tab "Home" pada pita atas. 3. Klik tombol "Borders" yang berada di grup "Paragraph". 4. Pilih opsi "No Border" dari daftar drop-down. 5. Klik tombol "OK".

Tips Memberikan Garis pada Dokumen Word

Berikut adalah beberapa tips untuk memberikan garis pada dokumen Word: - Gunakan garis untuk memperjelas atau membedakan bagian-bagian tertentu dalam dokumen, seperti judul, subjudul, tabel, dan daftar. - Jangan gunakan garis secara berlebihan, karena dapat membuat dokumen terlihat berantakan. - Pilih jenis garis, warna garis, dan ketebalan garis yang sesuai dengan gaya dan isi dokumen. - Pastikan garis yang diberikan tidak mengganggu keterbacaan teks.
Scroll to Top