Manisan Mangga: Nikmati Kemanisannya, Sehatkan Tubuhmu!

Resep membuat manisan mangga yang mudah dan lezat, cocok untuk camilan atau oleh-oleh. Dengan bahan-bahan sederhana dan langkah-langkah yang mudah diikuti, Anda dapat menikmati manisan mangga buatan sendiri.
Manisan Mangga: Nikmati Kemanisannya, Sehatkan Tubuhmu!

Persiapan Bahan dan Peralatan:

Sebelum memulai proses pembuatan manisan mangga, pastikan Anda telah menyiapkan bahan-bahan dan peralatan yang diperlukan. Bahan-bahan yang dibutuhkan meliputi mangga muda yang segar, gula pasir, air, garam, dan pewarna makanan (opsional). Peralatan yang dibutuhkan meliputi pisau, talenan, panci, sendok, toples kaca, dan tutup kedap udara.

Pemilihan Mangga yang Tepat:

Dalam memilih mangga yang tepat untuk membuat manisan, sebaiknya pilih mangga muda yang masih mengkal. Mangga muda memiliki rasa yang asam dan sedikit getir, sehingga cocok untuk diolah menjadi manisan. Pastikan mangga yang dipilih segar, tidak memiliki bintik-bintik hitam atau tanda-tanda busuk.

Pengupasan dan Pemotongan Mangga:

Setelah memilih mangga yang tepat, langkah selanjutnya adalah mengupas dan memotong mangga. Gunakan pisau tajam untuk mengupas kulit mangga secara tipis. Setelah kulit mangga terkelupas, potong mangga menjadi beberapa bagian sesuai dengan selera. Anda bisa memotong mangga menjadi potongan memanjang, dadu, atau bentuk lainnya.

Perendaman Mangga dalam Air Garam:

Setelah mangga dipotong-potong, rendam mangga dalam air garam selama kurang lebih 15 menit. Perendaman dalam air garam bertujuan untuk menghilangkan getah mangga dan membuatnya lebih renyah. Setelah 15 menit, tiriskan mangga dan bilas dengan air bersih.

Pembuatan Sirup Gula:

Sementara menunggu mangga direndam, siapkan sirup gula. Masukkan gula pasir, air, dan garam ke dalam panci. Aduk hingga gula larut dan mendidih. Kecilkan api dan biarkan sirup gula mengental selama kurang lebih 10 menit. Setelah sirup gula mengental, angkat dari api dan dinginkan.

Pencampuran Mangga dengan Sirup Gula:

Setelah sirup gula dingin, masukkan potongan mangga ke dalam sirup gula. Aduk hingga potongan mangga tercampur rata dengan sirup gula. Pastikan seluruh potongan mangga terendam dalam sirup gula.

Penyimpanan Manisan Mangga:

Setelah potongan mangga tercampur rata dengan sirup gula, masukkan manisan mangga ke dalam toples kaca. Tutup toples kaca dengan rapat dan simpan di tempat yang sejuk dan kering. Manisan mangga dapat bertahan hingga beberapa minggu jika disimpan dengan benar.

Penambahan Pewarna Makanan (Opsional):

Jika Anda ingin membuat manisan mangga dengan warna yang menarik, Anda dapat menambahkan pewarna makanan ke dalam sirup gula. Tambahkan pewarna makanan sesuai dengan selera dan aduk hingga tercampur rata. Namun, penggunaan pewarna makanan bersifat opsional dan dapat diabaikan jika Anda lebih suka manisan mangga dengan warna alami.

Penyajian Manisan Mangga:

Manisan mangga dapat disajikan sebagai camilan atau sebagai tambahan pada berbagai hidangan penutup. Anda dapat menyajikan manisan mangga dengan es batu, yogurt, atau sebagai topping pada kue dan es krim. Manisan mangga juga dapat digunakan sebagai bahan baku untuk membuat berbagai jenis minuman.

Tips dan Trik:

Untuk membuat manisan mangga yang lebih renyah, Anda dapat menambahkan sedikit kapur sirih ke dalam air rendaman mangga. Pastikan untuk membilas mangga dengan air bersih setelah direndam dalam air kapur sirih.

Jika Anda ingin membuat manisan mangga dengan rasa yang lebih manis, Anda dapat menambahkan lebih banyak gula pasir ke dalam sirup gula. Namun, pastikan untuk tidak menambahkan terlalu banyak gula pasir agar manisan mangga tidak menjadi terlalu manis.

Manisan mangga dapat disimpan di dalam lemari es hingga beberapa bulan. Namun, pastikan untuk menyimpan manisan mangga dalam wadah tertutup rapat agar tidak terkontaminasi oleh bakteri.

Scroll to Top