Rahasia Gerakan Servis Ganda Tenis Meja yang Mematikan

Gerakan servis dalam permainan tenis meja ganda dilakukan dengan cara memukul bola dari bawah ke atas dengan tangan yang tidak memegang bet, sementara tangan yang memegang bet bersiap untuk mengembalikan bola lawan.
Rahasia Gerakan Servis Ganda Tenis Meja yang Mematikan

Teknik Dasar Servis dalam Permainan Tenis Meja Ganda

Servis merupakan pukulan pertama yang dilakukan oleh pemain untuk memulai permainan tenis meja. Dalam permainan ganda, servis dilakukan secara bergantian oleh kedua pemain dari masing-masing tim. Terdapat beberapa teknik dasar servis yang dapat dilakukan dalam permainan tenis meja ganda, di antaranya:

1. Servis Forehand

Servis forehand merupakan teknik servis yang paling umum digunakan dalam permainan tenis meja ganda. Teknik ini dilakukan dengan cara memegang bet dengan tangan kanan (untuk pemain tangan kanan) atau tangan kiri (untuk pemain tangan kiri) pada bagian pegangan forehand. Kemudian, bola dipukul dengan gerakan menyapu dari bawah ke atas dengan menggunakan sisi forehand bet. Servis forehand dapat dilakukan dengan berbagai variasi, seperti servis topspin, servis backspin, dan servis sidespin.

2. Servis Backhand

Servis backhand merupakan teknik servis yang dilakukan dengan cara memegang bet dengan tangan kanan (untuk pemain tangan kanan) atau tangan kiri (untuk pemain tangan kiri) pada bagian pegangan backhand. Kemudian, bola dipukul dengan gerakan menyapu dari bawah ke atas dengan menggunakan sisi backhand bet. Servis backhand juga dapat dilakukan dengan berbagai variasi, seperti servis topspin, servis backspin, dan servis sidespin.

3. Servis Ping-Pong

Servis ping-pong merupakan teknik servis yang dilakukan dengan cara memegang bet dengan tangan kanan (untuk pemain tangan kanan) atau tangan kiri (untuk pemain tangan kiri) pada bagian pegangan tengah. Kemudian, bola dipukul dengan gerakan memutar dari bawah ke atas dengan menggunakan kedua sisi bet secara bergantian. Servis ping-pong dapat dilakukan dengan berbagai variasi, seperti servis topspin, servis backspin, dan servis sidespin.

4. Servis Lob

Servis lob merupakan teknik servis yang dilakukan dengan cara memegang bet dengan tangan kanan (untuk pemain tangan kanan) atau tangan kiri (untuk pemain tangan kiri) pada bagian pegangan tengah. Kemudian, bola dipukul dengan gerakan melambung tinggi ke arah lapangan lawan. Servis lob biasanya digunakan untuk mengejutkan lawan yang berada di dekat net.

5. Servis Chop

Servis chop merupakan teknik servis yang dilakukan dengan cara memegang bet dengan tangan kanan (untuk pemain tangan kanan) atau tangan kiri (untuk pemain tangan kiri) pada bagian pegangan backhand. Kemudian, bola dipukul dengan gerakan memotong dari bawah ke atas dengan menggunakan sisi backhand bet. Servis chop dapat dilakukan dengan berbagai variasi, seperti servis topspin, servis backspin, dan servis sidespin.

6. Servis Flick

Servis flick merupakan teknik servis yang dilakukan dengan cara memegang bet dengan tangan kanan (untuk pemain tangan kanan) atau tangan kiri (untuk pemain tangan kiri) pada bagian pegangan forehand. Kemudian, bola dipukul dengan gerakan menyentak dari bawah ke atas dengan menggunakan sisi forehand bet. Servis flick dapat dilakukan dengan berbagai variasi, seperti servis topspin, servis backspin, dan servis sidespin.

7. Servis Push

Servis push merupakan teknik servis yang dilakukan dengan cara memegang bet dengan tangan kanan (untuk pemain tangan kanan) atau tangan kiri (untuk pemain tangan kiri) pada bagian pegangan tengah. Kemudian, bola dipukul dengan gerakan mendorong dari bawah ke atas dengan menggunakan kedua sisi bet secara bergantian. Servis push dapat dilakukan dengan berbagai variasi, seperti servis topspin, servis backspin, dan servis sidespin.

8. Servis Drive

Servis drive merupakan teknik servis yang dilakukan dengan cara memegang bet dengan tangan kanan (untuk pemain tangan kanan) atau tangan kiri (untuk pemain tangan kiri) pada bagian pegangan forehand. Kemudian, bola dipukul dengan gerakan memukul dari bawah ke atas dengan menggunakan sisi forehand bet. Servis drive dapat dilakukan dengan berbagai variasi, seperti servis topspin, servis backspin, dan servis sidespin.

9. Servis Block

Servis block merupakan teknik servis yang dilakukan dengan cara memegang bet dengan tangan kanan (untuk pemain tangan kanan) atau tangan kiri (untuk pemain tangan kiri) pada bagian pegangan backhand. Kemudian, bola dipukul dengan gerakan menahan dari bawah ke atas dengan menggunakan sisi backhand bet. Servis block dapat dilakukan dengan berbagai variasi, seperti servis topspin, servis backspin, dan servis sidespin.

10. Servis Counter

Servis counter merupakan teknik servis yang dilakukan dengan cara memegang bet dengan tangan kanan (untuk pemain tangan kanan) atau tangan kiri (untuk pemain tangan kiri) pada bagian pegangan tengah. Kemudian, bola dipukul dengan gerakan memukul balik dari bawah ke atas dengan menggunakan kedua sisi bet secara bergantian. Servis counter dapat dilakukan dengan berbagai variasi, seperti servis topspin, servis backspin, dan servis sidespin.

Scroll to Top